Stroke otak Membutuhkan penerapan pengobatan yang cepat

Penyakit otak vaskular adalah kerusakan paling umum pada sistem saraf. Di antaranya, stroke, didefinisikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia sebagai kondisi tiba-tiba dengan gangguan otak fokal atau umum berlangsung lebih dari 24 jam (kecuali seorang pasien meninggal lebih awal) dan disebabkan semata-mata oleh penyebab vaskular yang terkait dengan aliran darah melalui otak, memainkan peranan penting. peran.

Distribusi durasi stroke mempertimbangkan durasi gejala: kejang transient iskemia serebral dengan tanda fokus kurang dari 24 jam durasi (sebagaimana didefinisikan oleh WHO, tidak memenuhi syarat), kejang iskemik reversibel dengan gejala bertahan hingga tiga minggu , stroke yang dilakukan dengan gejala bertahan hingga tiga minggu. Episode stroke paling sering terjadi pada orang tua dengan dominasi laki-laki.

Stroke dapat terjadi melalui mekanisme yang mengurangi suplai oksigen ke jaringan otak melalui suplai darah yang tidak mencukupi (stroke iskemik dikatakan terjadi jauh lebih sering) atau melalui mekanisme vaskularisasi ketika darah memasuki jaringan otak (stroke haemorrhagic berkembang). Ada juga stroke vena yang luar biasa langka yang disebabkan oleh adanya trombus di teluk vena otak.

Penyebab paling umum dari gejala stroke adalah aterosklerosis di arteri yang mengantarkan darah ke otak, kemacetan di pembuluh yang bermigrasi ke arteri yang memasok jaringan serebral (selama fibrilasi atrium, karena defek katup jantung dan gangguan kontraktilitas miokard). Penyebab perdarahan otak termasuk Nadciśnienie Tętnicze, pati, dan aneurisma.

Gejala stroke

Perjalanan klinis stroke tergantung pada lokasi stroke dan tingkat iskemia atau perdarahan intraserebral. Sakit kepala, muntah, kejang, tidak sadar dan koma dapat terjadi. Gejala fokal termasuk paresis dan gangguan sensorik di area saraf suplai melalui struktur di mana stroke berkembang.

Dalam kasus kerusakan serebelum, gangguan gait, kesulitan dalam menjaga keseimbangan, gangguan bicara dan tremor anggota badan terjadi. Ketika penyakit mempengaruhi lobus occipital, gangguan visual dapat terjadi. Selain itu, perubahan ketegangan otot, berlebihan atau melemahnya refleks selama pemeriksaan dapat diamati.

Kadang-kadang pasien melaporkan nyeri spontan, hipersensitivitas terhadap berbagai rangsangan, gerakan involunter, hemiplegia, Nietrzymanie moczu, gejala kerusakan saraf kranial (misalnya, kasih sayang sistem saraf, kasih sayang sistem saraf, kasih sayang sistem saraf, kasih sayang sistem saraf, atau kasih sayang dari sistem saraf). Masalah utamanya adalah: kelumpuhan otot wajah, gangguan gerakan bola mata, sulit menelan, ucapan tidak jelas).

Beberapa stroke dikaitkan dengan gangguan pernapasan, percepatan pulsa, penurunan atau peningkatan tekanan darah dan peningkatan suhu tubuh dasar. Perkembangan stroke dapat disertai dengan gejala seperti apa yang disebut "Bahaya Hypoallergenic" atau "Hypoallergenic Hazard". Sindrom pad sisi, kemudian tiba-tiba pusing, muntah, cegukan muncul, dengan waktu mereka bergabung dengan gangguan menelan, suara serak, kesemutan dan rasa sakit di daerah setengah wajah.

Deteksi stroke

Diagnosis stroke didukung oleh konfirmasi tanda-tanda kerusakan pada otak. Tentukan onset penyakit dan konfirmasikan onset gejala yang tiba-tiba. Computed tomography dan kadang-kadang resonansi magnetik harus dilakukan dalam kasus kecurigaan titik fokus benturan. Studi-studi ini memungkinkan untuk membedakan antara stroke dan stroke hemoragik dan iskemik.

Setelah wawancara, parameter kehidupan dasar pasien dinilai dan darah dikumpulkan untuk tes laboratorium, kemudian pemeriksaan neurologis rinci dilakukan dan pencitraan yang dijelaskan dilakukan (biasanya computed tomography of the head).

Diferensiasi stroke didasarkan pada kondisi lain dengan gejala neurologis fokal, misalnya menurunkan atau meningkatkan kadar glukosa darah, tumor otak primer atau metastatik, migrain, serangan epilepsi, kondisi yang mengarah ke penurunan kadar natrium darah, gangguan neurologis yang disebabkan oleh penyakit hati tertentu.

Pengobatan stroke

Stroke membutuhkan pelaksanaan pengobatan yang cepat, terkadang memastikan penghentian lesi secara tuntas. Tergantung pada jenis stroke (stroke hemoragik atau iskemik) dan tingkat keparahan gejala, terapi yang berbeda diterapkan. Namun, selalu ada kebutuhan untuk prosedur umum untuk memastikan bahwa sistem pernapasan dan kardiovaskular berfungsi dengan baik. Hal ini diperlukan untuk memonitor tekanan darah dan untuk mengkompensasi kelainan metabolisme air-elektrolit dan asam-basa.

Ketika gejala sindrom hipertensi intrakranial diamati, pengobatan yang mengarah ke penurunannya harus dilakukan. Hal ini juga sering diperlukan untuk menerapkan antikonvulsan dan perawatan menurunkan suhu tubuh. Kadang-kadang pasien tidak dapat memberi makan dan buang air kecil sendiri, jadi mulailah menyusui dengan tabung lambung dan mulai kateterisasi kandung kemih.

Pencegahan emboli paru, pneumonia dan infeksi lain, trombosis vena dalam dan ulkus dekubitus penting untuk pasien yang berbaring jangka panjang. Pengobatan spesifik stroke iskemik didasarkan pada asam asetilsalisilat, obat trombolitik (alteplase) dan heparin tak terpecah, dan pengobatan spesifik stroke hemoragik tidak mengkonfirmasi efektivitas obat apa pun yang secara signifikan meningkatkan kondisi klinis pasien.

Setelah episode stroke, cacat neurologis sering tetap, jadi penting untuk melakukan rehabilitasi rutin (latihan dan perawatan yang tepat) untuk mengembalikan fungsi yang hilang.
Mariusz Kłos

- Penyakit internal ", Andrzej Szczeklik, ed. Praktis Kedokteran, Krakow.
- Prof. Prof. dr med. Władysław Jakimowicz Neurologi klinis dalam garis besar Buku Pegangan untuk mahasiswa kedokteran ", ed. Mieczysław Goldsztajn, ed. PZWL Medical Publishing House, Warsawa.
- Neurologi Praktis ", Antoni Prusiński, ed.

Anja Ulf
Tentang Anja Ulf 35 Articles
Sangat mudah untuk mengenal orang yang terbuka seperti Talitha Bansin, tetapi kebanyakan tahu bahwa di atas segalanya dia energik dan obyektif. Tentu saja dia juga blak-blakan, terhormat dan heroik, tetapi mereka kurang menonjol dan sering terjalin dengan obsesif juga . energinya, ada apa yang sering dia kagumi. Orang sering mengandalkan keterampilan organisasi dan organisasinya setiap kali mereka membutuhkan bantuan atau bantuan. Tidak ada yang sempurna tentu saja dan Talitha memiliki suasana hati yang busuk dan hari-hari juga. ketidakjujuran dan keegoisannya menimbulkan banyak masalah, sangat mengganggu orang lain. Untungnya, obyektivitasnya biasanya melunakkan yang terburuk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*